Iklan Billboard 970x250

Untuk Menghadang Dominasi China, India Hibahkan Kilo-Class kepada Myanmar

Untuk Menghadang Dominasi China, India Hibahkan Kilo-Class kepada Myanmar


Mastermilitery.com – India akan menyerahkan kapal selamnya yang pertama ke Myanmar, INS Sindhuvir dari Kilo class rencananya akan tiba di Myanmar pada akhir tahun 2019 ini. INS Sindhuvir sendiri dibeli oleh Indian Navy pada tahun 1980an, dan saat ini kapal selam tersebut sedang dalam tahap modernisasi di Hindustan Shipyard Limited (HSL) di Visakhapatnam, sebelum diberikan kepada Myanmar. 



izin yang diperlukan juga telah diberikan oleh Rusia, yang merupakan pabrikan asli kapal selam dan akan dilengkapi dengan sistem asli untuk melatih Angkatan Laut Myanmar. Dalam beberapa bulan terakhir, telah terjadi serangkaian pertemuan tingkat tinggi antara kedua negara. Kementerian Pertahanan India mengatakan, bahwa pembicaraan tersebut untuk meningkatkan kerja sama pertahanan, meninjauan latihan bersama, dan pelatihan yang diberikan kepada Layanan Pertahanan Myanmar, memperkuat keamanan maritim dengan pengawasan bersama dan pembangunan kapasitas dan mengembangkan infrastruktur baru.

Pemindahan kapal selam tersebut kemungkinan akan dilakukan dengan jalur kredit (LoC) yang telah diperpanjang oleh India ke Myanmar untuk meningkatkan kemampuan militer, India juga siap memenuhi kebutuhan Myanmar dalam bidang militer. Awal bulan Juli ini juga Myanmar telah memasok torpedo dari India buatan Bharat Dynamics Limited (BDL) senilai $38 Juta (Rp532,9 Miliar).

Upaya India menghibahkan Kilo class miliknya kepada Myanmar tak terlepas atas Tiongkok Daratan PRC yang berupaya besar memasok kapal selamnya ke wilayah sekitar India. Sumber mengatakan PRC Tiongkok akan melakukan pembicaraan soal pasokan kapal selam yang lebih tua kepada Myanmar, di tahun 2017 kemarin Bangladesh juga menerima 2 unit Type 035G class dari Ming class yang diperbarui senilai $203 Juta (Rp2,84 Triliun).



Akibat hal itu membuat India meradang karena tetangganya yaitu Bangladesh menggunakan produk Tiongkok PRC yang notabennya musuh India, sumber mengatakan INS Sindhuvir dari Kilo class yang di modernisasi lebih mampu & baik ketimbang Ming class milik Bangladesh. Secara kebetulan Myanmar juga sedang dalam tahap negoisasi kepada Rusia soal akusisi Kilo class, diketahui saat ini ada 3 negara Asean yang dalam waktu dekat melakukan akusisi kapal selam seperti Filipina dengan Scorpène, Myanmar dengan Kilo class dan Thailand kabarnya akan melakukan mengajukan akusisi Yuan class.



Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post