Iklan Billboard 970x250

Slovakia Ganti Pesawat MiG-29 yang Sudah Tua, Dengan 14 unit F-16 V yang Lebih Canggih

Slovakia Ganti Pesawat MiG-29 yang Sudah Tua, Dengan 14 unit F-16 V yang Lebih Canggih


Mastermilitery.com - Setelah Bulgaria, Slovakia akhirnya memilih pesawat tempur F-16 buatan Lockheed Martin. Pembelian ini untuk menggantikan jet tempur MiG-29 Rusia dan akan menjadi pembelian militer terbesar anggota NATO tersebut. Sebelumnya Saab Gripen juga turut andil dalam tender ini, mereka menawarkan JAS-39 C / D Gripen, namun Lockheed Martin akhirnya memenangkan tender untuk 14 unit F-16V Block 70 senilai $800 Juta (Rp11,3 Triliun), 12 unit kursi tunggal dan 2 unit kursi ganda. Rencananya 4 jet pertama dijadwalkan akan dikirimkan pada tahun 2022 mendatang.


                       
Menteri Pertahanan Slovakia Peter GajdoĊĦ menyatakan, F-16V dipilih karena jet tempur ini memiliki teknologi ‘state-of-the-art’. Selain itu, setelah dihitung-hitung ternyata F-16 memiliki biaya paling rendah untuk digunakan hingga tahun 2040. Sementara itu, juru bicara Lockheed Martin John Losinger mengatakan, dengan dibelinya F-16V maka kemampuan angkatan udara negeri itu akan makin meningkat. Demikian juga dengan hubungan kemitraan antara Slovakia dengan NATO dan Amerika Serikat akan meningkat pula.

Pada Desember 2018, Perdana Menteri Slovakia Peter Pellegrini mengatakan, negaranya akan membayar lebih dari 1,6 miliar euro ($ 1,8 miliar) untuk pesawat itu. Kesepakatan itu juga mencakup amunisi, pelatihan pilot dan personel lainnya serta layanan logistik.
                                                                                   
F-16 Block 70/72 adalah konfigurasi produksi F-16 terbaru dan tercanggih, menggabungkan berbagai kapabilitas dan peningkatan struktural yang dikembangkan oleh Lockheed Martin. Menurut produsennya, Blok 70/72 dibangun berdasarkan pengalaman tempur yang telah terbukti, serta membawa teknologi baru yang terdepan.

F-16 Block 70/72 menyediakan kemampuan tempur tingkat lanjut dalam paket yang skalabel dan terjangkau. Inti dari konfigurasi F-16 Blok 70/72 adalah radar Active Electronically Scaned Array (AESA), sebuah radar modern yang berbasis subsistem komersial (COTS). Kemampuan operasional ditingkatkan melalui Link-16 Theater Data Link, Sniper Advanced Targeting Pod, senjata canggih, navigasi GPS presisi, dan Automatic Earth Collision Avoidance System (Auto GCAS).

Pilihan Slovakia terhadap F-16 memang berbeda dengan negara-negara tetangga terdekatnya, seperti Hungaria dan Ceko yang mengoperasikan Gripen. Kecuali Polandia, yang juga menggunakan F-16. Ketiga negara ini juga merupakan anggota NATO. Pembelian F-16V oleh Slovakia merupakan pesanan kedua setelah Lockheed Martin mengambil keputusan untuk memindahkan lini produksi jet F-16 dari Forth Worth, Texas ke Greenville, South Carolina.
                                                                                                
Sebelum ini Lockheed Martin telah mendapatkan pesanan F-16V dari Bahrain. Dua pesanan dari Bahrain dan Slovakia otomatis memperpanjang Lockheed Martin untuk memproduksi klan F-16 yang telah terjual lebih 4.500 unit dan digunakan oleh 26 negara. Lockheed Martin masih berharap, F-16V akan dibeli oleh India sebagai salah satu negara potensi besar yang tengah mencari lebih seratus jet tempur baru.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post