Iklan Billboard 970x250

Tidak Ingin Ketinggalan Dari Singapura, Malaysia, dan Indonesia, Thailand Akhirnya Kembangkan Panser 8x8

Tidak Ingin Ketinggalan Dari Singapura, Malaysia, dan Indonesia, Thailand Akhirnya Kembangkan Panser 8x8

Negara-negara di Asia Tenggara, nampaknya kini mulai saling berlomba-lomba untuk memproduksi panser berpenggerak 8x8. Mulai Singapura dengan Terrex 2, Malaysia dengan AV8 Gempita, dan Indonesia dengan Kobra 8x8. Di tengah persaingan ketiga negara ini, nampaknya Thailand tak tinggal diam, negara gajah putih ini dikabarkan juga tengah membangun 2 prototipe sekaligus. Panser pertamanya dibangun oleh DTI (Defense Technology Institute) yang bermitra dengan perusahaan lokal Chawalit Public dan STK Singapura, yang telah terlebih dahulu berpengalaman dalam membangun panser Terrex.
armada, thailand, panser 8x8,

Dalam pameran Defense and Security (D&S) November 2013 di Bangkok, rancangan panser pertama DTI mulai di gulirkan. Dua tahun setelahnya, prototype pertama di tampilkan kepada publik dengan nama “Black Widow Spider”. Panser ini awalnya mengadopsi kubah senjata buatan dari STK, sementara bodinya hasil rancangan dari DTI. Dua tahun kemudian yaitu dalam gelaran D&S 2017, baik design maupun kubah senjatanya mengadopsi penuh dari Terrex 2.

Black Widow Spider mampu membawa pasukan sampai 11 orang, dengan diawaki oleh tiga personel, yaitu pengemudi, komandan, dan operator senjata. Ditenagai oleh mesin diesel Caterpillar C9 berdaya 450 hp dengan transmisi otomatis buatan Allison, panser seberat 24ton ini mampu berlari sampi dengan 80 km/jam di darat, dan berenang di air sampai dengan 15 km/jam. Sedangkan untuk Jangkauan operasi, Black Widow Spider mampu menembus hingga 600 km. Lapis Baja pada panser ini dipasok oleh perusahaan IMI Israel yang diklaim mampu menahan peluru kaliber 14,5 mm. Sementara kubah senjata utamanya berupa kanon kaliber 30 mm dan senapan mesin kaliber 7,62 mm, yang dipasok oleh STK.

Panser amfibi 8X8 kedua, digarap oleh perusahaan lokal Panus Assembly. Bagaimana spesifikasi yang diusungnya sendiri, sampai saat ini juga belum diungkapkan. Tetapi ada kabar yang mengatakan bahwa panser Panus 8X8, baru saja diserahkan kepada Korps Marinir Thailand pada Juni 2019 untuk dilakukan diuji coba, berbeda dengan Black Widow Spider yang telah terlebih dahulu melakukan serangkaian uji coba pada November 2018.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post