Iklan Billboard 970x250

Setelah Mengunggu Selama 18 Tahun, Akhirnya Jet Tempur Su-57 Rusia Masuk Jalur Produksi Massal

Setelah Mengunggu Selama 18 Tahun, Akhirnya Jet Tempur Su-57 Rusia Masuk Jalur Produksi Massal


Mastermilitery.com – Seperti pesawat tempur siluman generasi kelima F-22 Raptor dan F-35 Lightning II milik Amerika Serikat dan J-20 milik Cina, Rusia secara mengejutkan juga mengeluarkan pesawat tempur terbaru generasi kelima Su-57 yang merupakan jet tempur generasi kelima pertama Rusia, dan setelah menunggu selama 18 tahun jet tempur ini akhirnya segera masuk ke produksi massal.



Produsen Su-57, Sukhoi Aircraft Company, mengumumkan hal tersebut bertepatan dengan ulang tahun perusahaan ke-80. Wakil Perdana Menteri Yuri Borisov, mengonfirmasi dimulainya produksi serial pesawat jet tempur tersebut. Menurutnya, Sukhoi Aircraft Company bagian dari United Aircraft Corporation telah mulai menjalankan kontraknya untuk pengiriman pesawat-pesawat canggih itu ke Angkatan Dirgantara.

Rusia memang telah tertinggal jauh dengan Amerika Serikat dalam mengembangkan jet tempur generasi kelima. Amerika bahkan telah menerbangkan dua pesawat tempur siluman yakni F-22 Raptor dan F-35 Lightning II. China juga selangkah didepan Rusia, dengan mengoperasikan jet tempur siluman J-20 meski dalam jumlah terbatas.

Pengembangan Su-57 juga mengalami banyak kendala. dimulai pada tahun 2001, sebuah prototipe T-50 terungkap dan melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 2010. Pada tahun 2014, prototipe pro-produksi dikirim ke Angkatan Udara Rusia untuk uji coba dan evaluasi dan uji coba ini selesai pada tahun 2015. Pesawat ini direncanakan akan memasuki layanan pada 2017 - 2018 dan akan mencapai kemampuan operasional penuh pada tahun 2020. Namun pada tahun 2017 sumber resmi melaporkan bahwa pesawat itu belum siap untuk produksi skala penuh. Kemungkinan kemunduran ini terkait dengan masalah teknis, pengembangan beberapa sistem intinya yang belum lengkap seperti mesin, rudal dan elektronik baru serta masalah pendanaan.


Pada tahun 2017, PAK FA mendapatkan sebutan baru Sukhoi Su-57 reguler dan Angkatan Udara Rusia setidaknya akan memiliki hingga 150-200 unit dari pesawat tempur siluman terbaru ini. Dan untuk sementara Angkatan Udara Rusia memerintahkan pesawat tempur multi peran Su-35 sebagai pengganti sementara untuk dapat dioperasikan sampai pesawat tempur siluman Su-57 tersedia.
                                                                                                     
Pada tahun 2018 setidaknya 9 pesawat tempur siluman Su-57 dibangun termasuk prototipe dan pesawat tempur pra-produksi. Direncanakan pada tahun 2018, batch pertama dari 12 pesawat tempur siluman Su-57 akan dikirimkan ke Angkatan Udara Rusia. Faktanya pada tahun 2018 beberapa pesawat siluman Su-57 pra-produksi dikerahkan ke Suriah. Produksi skala penuh direncanakan akan dimulai pada tahun 2019.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post