Iklan Billboard 970x250

Melihat Lebih Dekat Kapal Selam Rudal "Baru" Korea Utara

Melihat Lebih Dekat Kapal Selam Rudal "Baru" Korea Utara


Mastermilitery.com - Korea Utara telah merilis sejumlah foto dari pemimpin mereka, Kim Jong-un, yang sedang memeriksa kapal selam barunya. Foto-foto tersebut menunjukkan pemimpin Korea Utara sedang  melakukan kunjungan ke drydock kapal selam yang sedang dibangun. Para ahli percaya kapal selam baru itu akan dibekali dengan rudal berhulu ledak nuklir yang dapat digunakan untuk mengancam pangkalan militer AS di Jepang dan di seluruh wilayah Asia-Pasifik.



Foto-foto itu, dirilis melalui kantor berita KCNA yang dikelola pemerintah korea utara, terlihat kapal selam itu tampak mirip dengan kapal selam Korea Utara yang telah ada. Kapal selam itu tampaknya memiliki tabung peluncuran untuk rudal balistik Pukgeukseong1.

KCNA, yang melaporkan acara tersebut, menyatakan bahwa Kim Jong-un, mengunjungi kapal selam yang baru dibangun dan merinci spesifikasi taktis operasional kapal dan sistem tempur senjata. Kim menyatakan kepuasannya dengan desain dan konstruksi kapal selam itu, sehingga dapat dengan mudah melaksanakan keinginan strategis militernya.
                                                        
Kapal selam listrik diesel Soviet project 633, atau oleh NATO dijuluki sebagai "Romeo", diperkenalkan pada akhir 1950-an. Soviet berbagi rencana untuk kapal selam dengan China, yang mentransfer tujuh unit ke Korea Utara pada 1970-an dan memasok suku cadang untuk 13 lainnya dalam bentuk kit. Meskipun sangat usang di tahun 2019, Romeo merupakan bagian besar dari armada kapal selam Korea Utara. Bahkan pada tahun 2014 lalu, Kim Jong-un sempat difoto berada di salah satu kapal selamnya.



Pada pertengahan 1990-an, Korea Utara memperoleh jumlah besar kapal selam bekas Angkatan Laut Soviet, yang banyak di antaranya dilaporkan dalam kondisi buruk. Seolah-olah dibeli untuk memo, pembelian itu termasuk sejumlah kecil kapal selam rudal balistik Project 629A , yang dikenal oleh NATO sebagai kelas Golf II . Kelas Golf II didasarkan pada kapal selam kelas Romeo yang sama yang digunakan oleh Korea Utara tetapi dimodifikasi untuk membawa tiga tabung rudal. Kesamaan desain Golf II dengan kapal selam Korea Utara yang baru, menunjukkan bahwa meskipun Korea Utara tidak pernah berhasil mendapatkan Golf II dalam pelayanan, kapal selam baru ini akan menggabungkan teknologi dari kapal selam Soviet lama.

Sebagai propaganda ala Korea Utara, foto-foto kapal selam baru tersebut berusaha menunjukkan ukuran dan skala kapal selam tanpa menunjukkan terlalu banyak detail. Seorang pakar perang bawah laut yakin, jika kapal selam baru itu dapat membawa dua atau tiga rudal Pukgeukseong . Pertama kali diuji pada tahun 2016, Pukgeukseong (disebut KN-11 oleh intelijen AS) diperkirakan memiliki jangkauan 1.200 kilometer (745 mil) dan berhulu ledak nuklir.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post