Iklan Billboard 970x250

Kesal Pada Amerika dan Korea Selatan, Kim Jong Un Tembakkan 2 Rudal Jenis Baru

Kesal Pada Amerika dan Korea Selatan, Kim Jong Un Tembakkan 2 Rudal Jenis Baru


Mastermilitery.com – Pada kamis, 25 Juli 2019, Korea Utara (Korut) melakukan uji coba penembakan dua jenis rudal balistik baru jarak dekat, yang diluncurkan di dekat kota pesisir timur Wonsan. Rudal baru ini tampaknya sangat mirip dengan rudal balistik jarak pendek Iskander buatan Rusia. Peluncuran rudal itu sekaligus menjadi yang pertama sejak pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korut Kim Jong Un, di zona demiliterisasi pada akhir Juni lalu. 



Peluncuran rudal oleh Korut ini juga telah dikonfirmasi oleh pihak AS, meski demikian belum ada pernyataan dari Gedung Putih, Pentagon, maupun Departemen Luar Negeri AS terkait kejadian tersebut. Menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS), kedua rudal tersebut terbang sekitar 690 km dan 430 km di ketinggian sekitar 50 km, sebelum akhirnya jatuh ke timur laut.
                                                
Menanggapi kejadian itu, menteri pertahanan Jepang mengatakan peluncuran rudal yang dilakukan oleh Korut, tidak mencapai perairan jepang dan tidak memiliki dampak langsung pada keamanan nasional. Disisi lain kementerian pertahanan Korea Selatan mendesak Korut agar menghentikan tindakannya, karena tidak akan membantu meredakan ketegangan dengan AS.

Aksi yang dilakukan oleh Korut ini, sebenarnya adalah bentuk kemarahan Kim Jong Un, atas rencana AS dan Korea Selatan yang akan melakukan latihan militer bersama pada bulan depan, Korut pun mengutuk rencana latihan tersebut dan menyebutnya sebagai "pelanggaran semangat" dari perjanjian bersama yang ditandatangani oleh Donald Trump dan Kim Jong Un, pada pertemuan pertama mereka di Singapura tahun lalu.

Meski kemarahan Kim Jong Un telah dijunjukkan melalui penembakan rudal tersebut, pihak AS dan Korea Selatan Korsel mengabaikannya dan tetap akan menggelar latihan perang gabungan "19-2 Dong Maeng" sesuai jadwal. Latihan bersama 19-2 Dong Maeng akan berlangsung pada bulan Agustus dan akan dilakukan di tempat UFG. Latihan itu merupakan yang pertama kali, karena biasanya latihan yang dipilih adalah Key Resolve dan Foal Eagle.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post