Iklan Billboard 970x250

Mampukah Jet Tempur Generasi ke-6 Eropa, Mengalahkan Dominasi F-35 Di Rumah Sendiri

Mampukah Jet Tempur Generasi ke-6 Eropa, Mengalahkan Dominasi F-35 Di Rumah Sendiri


Mastermilitery.com - Tidak ingin kalah dengan sekutu dekatnya, Inggris saat ini sedang mengembangkan pesawat tempur generasi keenam sendiri. Jet tempur bernama Tempest ini, bakal dilengkapi dengan senjata laser dan direncanakan masuk layanan sekitar 2035. Sejak perang dunia ke-2 berakhir, negara-negara Eropa selalu berada di posisi ketiga dalam perlombaan senjata global, dibawah Amerika Serikat dan Rusia.


                                             
Negara-negara seperti Inggris, Prancis, dan Swedia, memang dikenal lihai dalam merancang senjata yang canggih dan inovatif. Tetapi ketika harus berhadapan dengan teknologi senjata dari Amerika Serikat dan Rusia maka akan terlihat ketimpangan, kerena kedua negara tersebut bersedia menghabiskan banyak uang untuk penelitian dan pengembangan militer, terlebih China saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata, yang membuat negara-negara eropa semakin terdesak.
Tetapi, apakah dengan lahirnya jet tempur generasi ke-6 mendatang, akan membuat Eropa setara dengan Amerika dan Rusia?.

Pengembangan jet tempur generasi ke-6 Tempest, nantinya akan dilakukan bersama dengan perusahaan penerbangan BAE Systems, pembuat mesin Rolls-Royce, desainer Italia Leonardo, dan ahli misil MBDA. Rencananya jet tempur tersebut akan menggantikan unit pesawat jet Typhoon, milik angkatan udara Inggris.



Jika berbicara tentang kebangkitan militer Eropa rasanya agak sulit memang. Ada banyak persenjataan yang merupakan hasil kerjasama antar negara Eropa, seperti misalnya jet Tornado yang digarap oleh Inggris, Jerman, dan Italia. Tetapi jet tempur terbaru Inggris adalah F-35 yang dirancang Amerika. Seperti yang dicatat oleh Mckenzie, eksekutif MBDA, dirinya khawatir akan kemungkinan harus merancang amunisi yang berbeda untuk pesawat tempur generasi penerus Eropa dan Inggris.
           
Dengan populasi pesawat yang ada mulai menua dan membutuhkan lebih banyak perawatan, serta tidak ada lagi ancaman yang berarti dari pihak luar, apakah pengembangan pesawat tempur yang sangat mahal tersebut masuk akal?, mengingat untuk pembuatan pesawat generasi ke-5 F-35 harus di kerjakan oleh banyak negara.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post