Iklan Billboard 970x250

Korea Utara Siap Angkat Senjata dan Tak Akan Menyerah Pada Sanksi Amerika

Korea Utara Siap Angkat Senjata dan Tak Akan Menyerah Pada Sanksi Amerika

Mastermilitery.com - Meski sempat bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, namun Korea utara (Korut) menyatakan rasa ketidak percayaannya kepada pihak Amerika, Korut juga tidak akan menyerah pada sanksi yang diberikan oleh pemerintahan Trump, dan menuduh Amerika berusaha menginjak-injak Korut. Pernyataan keras tersebut dikeluarakan oleh korut pada Rabu 26 juni 2019, tindakan ini dilakukan sebagai pengingat, meskipun pemimpin kedua negara telah bertukar surat.
politik, Donald Trump, Korut Kim Jong un,
Dalam KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) yang diselenggarakan di Hanoi, pemimpin Korut Kim Jong un dan Trump bertemu. Namun pertemuan itu tidak menghasilkan kesepakatan, Trump berpendapat jika tidak cukup ada kemajuan tentang denuklirisasi yang membuat Amerika bisa mencabut sanksi yang mereka berikan kepada Korut, bahkan sejumlah agenda yang telah disusun pun dibatalkan sepihak oleh pihak Amerika dan Trump langsung kembali ke negaranya kala itu. Kegagalan KTT itu juga mengakibatkan pencopotan empat pejabat Korut. Tak hanya itu, Korut juga meminta Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mundur dari negosiator utama.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara, saat ini mengatakan tidak akan ragu untuk mengangkat senjata guna mempertahankan diri, jika ada yang berani menginjak-injak kedaulatan Korut, dirinya juga menuduh pihak Amerika tidak serius menyesaikan pertikaian dengan Korut, sehingga masalah ini semakin berlarut-larut dan membuat Korut terjebak dalam sanksi ekonomi berkepanjangan. Bahkan pada 2017 lalu, petumbuhan ekonomi Korut dilaporkan menjadi yang terburuk dalam 20 tahun terakhir. Hal itu berdasarkan laporan dari Bank Sentral Korut yang menunjukan penurunan terbesar sejak 1997 ketika negara itu mengalami bencana kelaparan.

Saat ini baik Kim maupun Trump disarankan untuk tetap menjaga hubungan diplomatik dengan baik, meskipun belum ada hasil yang memuaskan di kedua belah pihak pasca pertemuan KTT Hanoi. Kim memang telah menawarkan penutupan sejumlah situs peluncuran rudal dan kompleks nuklir dengan timbal balik Amerika akan mencabut sanksi atas Korut, namun Trump ingin Korut melucuti senjata nuklir secara keseluruhan, barulah Amerika bisa mencabut sanksi atas Korut secara keseluruhan.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post