Iklan Billboard 970x250

Jika Terjadi Konflik Senjata, Diatas Kertas Iran Jauh Lebih Unggul Dibanding Inggris

Jika Terjadi Konflik Senjata, Diatas Kertas Iran Jauh Lebih Unggul Dibanding Inggris


Mastermilitery.com – Ketegangan antara Iran dan Inggris sepertinya telah mencapai puncaknya, setelah insiden penyitaan kapal tanker minyak berbendera Inggris “Stena Impero” oleh Iran. Situasi ini tentunya membawa kedua negara, semakin dekat dengan potensi terjadinya perang. Jika hal tersebut bakal benar-benar terjadi, maka siapakah pihak yang akan lebih unggul dan berpeluang lebih besar menggenggam kemenangan?.



Menurut perbandingan para analis militer berdasarkan situs “Global Fire Power” (sebuah situs yang kerap memberikan peringkat kekuatan militer negara-negara di dunia) kekuatan militer Iran dan Inggris terbilang cukup besar, berdasarkan situs tersebut peringkat Inggris berada diurutan ke-8 dan Iran ke-14 dari 137 negara. Dalam menentukan peringkat kekuatan militer suatu negara, situs ini memberikan penilaian menggunakan formula yang dibuat sendiri, yang disebut skor PowerIndex (PwrIndx).

Dalam hal kekuatan sumber daya manusia, darat dan laut, serta sumber daya minyak bumi, Iran jauh lebih unggul ketimbang Inggris. Iran memiliki populasi yang lebih besar, dengan total lebih dari 83 juta jiwa, sedangkan Inggris hanya memiliki populasi 65 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, Iran memiliki hampir 40 juta jiwa yang layak untuk terjun ke arena pertempuran, atau sekitar 48 persen dari seluruh populasi. Sementara Inggris hanya memiliki sekitar 24 juta jiwa, yang dianggap siap untuk memasuki konflik perang, atau sekitar 36,8 persen. Sedangkan total personil aktif Iran adalah 873.000 jiwa, dan 233.000 jiwa di pihak Inggris.

Kekuatan darat Iran di atas kertas juga lebih unggul dibanding Inggris, Iran memiliki 1.634unit tank tempur, sedangkan Inggris hanya 331unit. Iran juga memiliki lebih banyak artileri self-propelled, artileri derek dan proyektor roket, sementara Inggris memiliki lebih banyak kendaraan tempur lapis baja.

Untuk Kekuatan laut, total aset angkatan laut Iran berjumlah 398. Sebaliknya, Inggris hanya memiliki 76 kapal militer, termasuk 22 kapal patroli, 13 fregat dan 6 kapal perusak. Namun, Inggris direncanakan pada pertengahan 2020-an akan memiliki frigat Tipe 26 baru. Kapal tersebut saat ini sedang diproduksi di galangan kapal BAE Systems, yang akan membuat aset angkatan laut Inggris lebih baik.

Dalam kekuatan armada udara, sepertinya Inggris bisa tersenyum manis, Inggris memiliki keunggulan dengan jumlah 811armada udara, sedangkan Iran hanya memiliki 509. Namun kekuatan sesungguhnya dari Iran adalah sumber daya minyaknya, yang dicap oleh Global Fire Power sebagai "darah perang." Para ahli perang menyebut Iran menghasilkan 4.469.000 barel minyak per hari, berbanding 910.500 barel minyak per hari yang dihasilkan Inggris.

Semua perbandingan tersebut hanyalah hitungan diatas kertas, karena dalam suatu peperangan tentunya tidak hanya melibatkan kedua negara yang telah berkonflik. Siapa yang berada di belakang mereka juga penting untuk dicatat, terlebih Inggris adalah sekutu dekat AS dan juga anggota NATO.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post