Iklan Billboard 970x250

Harga Perbaikan yang Kelewat Mahal, Frigat KNM Helge Ingstad milik Norwegia Akhirnya Dibesituakan

Harga Perbaikan yang Kelewat Mahal, Frigat KNM Helge Ingstad milik Norwegia Akhirnya Dibesituakan

Mastermilitery.com - Pada tanggal 8 november 2018, sebuah kapal Frigat milik angkatan laut Norwegia “KNM Helge Ingstad” bertabrakan dengan kapal tanker minyak TS Sola bertabrakan, kejadian tersebut terjadi setelah frigat tersebut, mengikuti latihan perang terbesar NATO pasca Perang Dingin, Trident Juncture 2018. Saat kejadian, KNM Helge Ingstad tengah membawa sejumlah 137 awak sedangkan kapal tanker sebanyak 23 orang. Namun yang membuat banyak perdebatan adalah kondisi kapal tanker yang telibat insiden itu hanya mengalami sedikit kerusakan, sedangkan KNM Helge Ingstad justru mengalami rusak parah yang mengakibatkannya tenggelam.
Frigat KNM Helge Ingstad, Norwegia
Tiga bulan setelah terendam dalam air laut, KNM Helge Ingstad akhirnya diangkat ke permukaan, kondisinya saat itu sungguh sangat mengenaskan, padahal kapal canggih ini adalah salah satu fregat rudal dipandu paling mumpuni di NATO. Proses pengangkatan kapal ini juga tidak mudah dan memerlukan biaya yang tidak sedikit, sebelum diangkat torpedo anti kapal selam dan juga persenjataan lain harus dilepaskan dahulu, hal itu dilakukan untuk menghindari kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Biaya sebesar USD 84 juta juga harus dikeluarkan Norwegia untuk misi pengangkatan KNM Helge Ingstad.

Setelah melihat kondisinya sekarang, rasanya akan sulit bila frigat ini diperbaiki, banyak pengamat mengatakan jika KNM Helge Ingstad diragukan bisa kembali ke kondisi sedia kala, terlebih lagi biaya yang dikeluarkan mungkin tidak akan sepadan dengan hasil yang diperoleh. Sebenarnya bukan lambung kapal yang membuat KNM Helge Ingstad mengalami masalah serius, tetapi kerusakan di system elektronik, kelistrikan, dan juga kelengkapan persenjataan yang sudah rusak akibat air asin.

Diperkirakan biaya perbaikan yang dibutuhkan untuk kapal perang ini, bisa menembus angka 12-14 milyar Krona Norwegia, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk proses memperbakan akan memakan waktu sampai 5 tahun, belum lagi ditambah dengan biaya pengangkatan sampai bisa mengapung. Bandingkan jika membeli harga barunya yang hanya membutuhkan anggaran sebesar 11 sampai 13 milyar Krona. Dari biaya yang terlihat, tentu saja harag baru jauh lebih masuk akal dibandingkan biaya perbaikan yang jauh lebih besar, terlebih tidak ada jaminan bahwa kapal yang mengalami kerusakan, akan bisa berfungsi optimal seperti sedia kala.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post